MEMAHAMI PRODUK BARU
Ada beberapa produk baru menurut para ahli:
Menurut Djaslim saladin dalam bukunya manajemen pemasaran (2004), menyatakan:
pengertian produk baru adalah produk asli (original product) . product yang di sempurnakan (improved product), produk yang di modifikasi (modifed produk),dan merek-merek baru yang di kembangkan sendiri oleh sebagian penelitian dan pengembangan perusahaan.
sedangkan Irawan dan Basu Swasta DH (2000) dalam bukunya manajemen pemasaran modern menyatakan:
produk baru dapat di definisikan sebagai barang dan jasa yang pada pokok nya berbeda dengan produk yang telah di pasarkan oleh sebuah perusahaan.
pengertian produk tersebut dianggap luas sehingga dapat menimbulkan pengertian-pengertian yang agak berbeda, oleh karena itu perlu kiranya kita menentukan tentang produk baru.
termasuk kriteria produk baru disini adalah:
- produk yang betul-betul baru tidak ada produk subtitusinya. misalnya obat kanker, dalam kriteria ini termasuk juga produk-produk yang pergantian nya sangat berbeda, misalnya tenaga nuklir menggantikan tenaga air, dan disel tenaga listrik.
- produk yang sama jenis nya dengan model yang baru sebagai contoh : mobil model tahun 1981.
- produk tiruan yang baru bagi perusahaan tetepi tidak untuk pasar. misalnya kamera digital, sikat gigi dengan model terbaru, dll.
Menurut Booz Allen dan Hamilton yang dikutip oleh Drs.Djaslim saladin dalam bukunya management pemasaran ( 1997) terdapat 6 golongan produk baru, yaitu:
- produk baru bagi dunia ( New-To-The world product ), yaitu : produk yang dapat menciptakan pasar yang baru sama sekali.
- line produk baru ( New-Product linies ) , yaitu: line poduct yang baru benar-benar pertama kali dipasarkan oleh perusahaan.
- tambahan line product yang sudah ada ( addition to existing product line), yaitu: perusahaan menambah line produk yang sudah ada.
- merefisi produk yang sudah ada ( improvements in refisions ti existing product ), yaitu merevisi atau menyempurnakan produk yang sudah ada sehingga memberikan nilai yang lebih tinggi atau mengganti dengan yang baru.
- penempatan kembali ( repositioning ) , yaitu : memposisikan kembali pada segment pasar yang baru atau yang sudah ada.
- penekanan biaya (cost reduction ), yaitu : produk baru dengan penampilan yang sama tetapi melalui biaya yang rendah.
Buchari alma dalam bukunya management pemasaran dan pemasaran jasa ( 2004 ) menyatakan ciri-ciri sebuah produk baru yaitu:
- produk tersebut betul betul merupakan inovasi baru,namun ada juga produk baru yang fungsinya sama dengan produk yang sudah ada seperti televisi,yang fungsinya sama dengan radio dan bioskop,plastik menyaingi barang dari kayu dan metal.
- pengganti produk lama tetapi berbeda pemakaiannya seperti instant coffe mengganti kopi biasa. mobil tahun terbaru berbeda dengan model lama demikian dengan pakaian model baru mengalahkan pakaian model lama.