RUANG LINGKUP PRODUK KREATIF
Menurut cony semiawan, kreativitas adalah suatu kemampuan untuk menciptakan suatu produk baru.
Kreativitas juga diartikan sebagai mengembangkan ide dengan cara-cara baru dalam memecahkan masalah dan menemukan peluang kreativitas dapat juga di artikan sebagai berikut:
Kreativitas juga diartikan sebagai mengembangkan ide dengan cara-cara baru dalam memecahkan masalah dan menemukan peluang kreativitas dapat juga di artikan sebagai berikut:
- kreativitas ialah kemampuan untuk melihat kombinasi-kombinasi baru, atau melihat hubunga-hubungan baru antara unsur data dan variabel yang ada sebelumnya
- Kreativitas ialah kemampuan seseorang untuk melihat sesuatu yang baru, baik berupa gagasan maupun karya nyata yang relatif berbeda dengan apa yang telah ada sebelumnya.
- kreativitas rendah, integensi rendah
- kreativitas tinggi, intelegensi tinggi
- kreativitas rendah, intelegensi tinggi
- kreativitas tinggi, intelegensi rendah.
Kemampuan dasar dan teknis didasari dengan wawasan tentang pemahaman manusia baik sebagai pengguna produk, maupun konsumen, sehingga sehingga mahasiswa mau merancang produk yang selain nyaman juga memiliki nilai jual. Banyak perusahaan yang membuat departemen tersendiri untuk bagian penelitian dan pengembangan produk, kemudian kemudian departemen rekayasa manufaktur untuk merancang produk,dilanjutkan departemen produksi yang memproduksi secara masal produk tersebut. cara seperti itu mempunyai kelebihan yaitu adanya tugas dan tanggung jawab yang tetap,tetapi mempunyai kelemahan yaitu kekurangan pemikiran ke masa depan. cara lain yang dapat dilakukan adalah dengan menugaskan seorang manajer produk untuk "memenangkan" produk melalui system pengembangan produk dan organisa terkait.
perkembangan selanjutnya pengertian desain amat bervariatif karena tumbuhnya profesi ini diberbagai negara. salah satu tokoh yang mengevaluas pengertian desain adalah BRUCE ARCHER,menurutnya desain adalah salah satu bentuk kebutuhan badani dan rohani manusia yang dijabarkan melalui berbagai bidang pengalaman,keahlian dan pengetahuan yang mencerminkan perhatian pada apresiasi dan adaptasi terhadap sekelilingnya,terutama yang berhubungan dengan bentuk komposisi,arti nilai dan berbagai tujuan benda buatan manusia.
Industri kreatif di pandang semakin penting dalam mendukung kesejahteraan dan perekonomian, berbagai pihak berpendapat bahwa "kreativitas manusia adalah sumber daya ekonomi utama" dan bahwa "industri abad ke-21 akan tergantung pada produksi pengetahuan melalui kreativitas dan inovasi.